header ads

Bersih-bersih Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung Desa Pogalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang bersama KKN Kelompok 169 Universitas UPN Veteran Yogyakarta


Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Allah Subhanhu Wa Ta'ala atas segala nikmat dan hidayah yang di berikan, Sehingga Ahad Pagi (15/07/2018) Kami dari Tim Bersih-bersih Masjid Magelang-BBM masih bisa hadir di tengah masyarakat dalam kegiatan rutin setiap Ahad dan Jumat pagi yaitu Bersih-bersih Masjid di wilayah Kabupaten dan Kota Magelang.


Ahad pagi kali ini, Tim Bersih-bersih Masjid Magelang-BBM mendapat amanah untuk ikut serta berpartisipasi dan membersamai rekan-rekan dari KKN Kelompok 169 Universitas UPN Veteran Yogyakarta bersama jamaah dan Takmir Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.


Amanah untuk ikut serta berpartisipasi dalam Kegiatan Bersih-bersih Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis kami terima dari Mbak Ummu Azizah dari Universitas UPN Veteran Yogyakarta yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Dusun Pucung.


Amanah tersebut kami terima sebelum bulan puasa lalu, Qodarullah karena banyaknya jumlah antrian masjid yang mendaftar untuk di bersihkan, sehingga jadwal Bersih-bersih Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung sempat tertunda beberapa saat. Alhamdulillah, amanah untuk ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung, membersamai masyarakat dan rekan KKN UPN Veteran Yogyakarta tersebut dapat kami tunaikan tadi pagi.


Dusun Pucung, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis yang menjadi titik kegiatan Bersih-bersih Masjid bersama rekan-rekan KKN UPN Veteran Yogyakarta tersebut lokasinya lumayan jauh dari kota Magelang, dimana sebagian besar personil Tim BBM tinggal. Alhamdulillah, setelah menempuh perjalanan sekitar 40 menit, dengan jalan menanjak dan suhu dingin menusuk tulang, akhirnya rombongan Tim Bersih-bersih Masjid Magelang-BBM yang berjumlah 16 orang sampai juga di Dusun Pucung, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis.


Lelah dan suhu dingin selama dalam perjalanan menuju ke Dusun Pucung terbayar setelah kami sampai di lokasi, Sambutan hangat masyarakat dan rekan-rekan KKN UPN Veteran Yogyakarta mengobati kelelahan dan kedinginan yang kami rasakan selama perjalanan, selain itu selama perjalanan kami di suguhi pemandangan hutan Pinus, melihat lebih dekat gunung-gunung yang mengitari Magelang, para petani yang sedang bercocok tanam menunggu panen tembakau.


Alhamdulillah, Kegiatan Bersih-bersih Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis bisa selesai lebih cepat dari biasanya karena banyaknya jumlah personil BBM yang hadir, Rekan-rekan KKN dan warga Masyarakat. Bagian-bagian Masjid Al-Hidayah yang kami bersihkan diantaranya Karpet, Langit-langit, Mimbar, Kaca, Teras Masjid, Kamar Mandi dan tempat wudhu. Semoga dengan adanya kegiatan bersih-bersih Masjid ini masyarakat dan Jamaah semakin khusuk dalam beribadah dan lebih semangat dalam memelihara dan menjaga kebersihan Masjid.


Banyak pelajaran dan hikmah yang kami dapatkan selama kegiatan bersih-bersih Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, salah satunya adalah dari rekan-rekan KKN UPN Veteran Yogyakarta ini, walaupun beliau-beliau ini masih muda, tapi dalam kegiatan Kuliah kerja nyata (KKN) masih menyempatkan diri untuk memikirkan kegiatan yang sangat mulia, yaitu Bersih-bersih Masjid. Karena, Bersih-bersih Masjid ini adalah pekerjaan mudah tapi tidak semua orang mau melakukannya.


Dengan penuh semangat, rekan-rekan dari KKN Kelompok 169 Universitas UPN Veteran Yogyakarta ini  ikut terjun langsung Bersih-bersih Masjid. Ada yang membersihkan area toilet dan tempat wudhu, membersihkan karpet, Membersihkan sarang laba-laba dan tentunya sebagian ada yang sibuk di dapur rumah bapak kepala Dusun Pucung menyiapkan konsumsi.


Dalam kesempatan Bersih-bersih Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung tersebut rekan-rekan KKN kelompok 169 UPN Veteran Yogyakarta turut berdonasi bagi kegiatan Bersih-bersih Masjid Magelang-BBM, Kami sempat menolak karena misi kami adalah membersihkan masjid gratis, tidak memungut biaya apapun. Tapi karena niat rekan-rekan KKN UPN Veteran Yogyakarta ini adalah untuk berdonasi bagi operasional Tim Bersih-bersih Masjid, maka kami terima dengan senang hati.


Semoga kegiatan Bersih-bersih Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung, Desa Pogalan,  Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang Ahad pagi ini bisa menjadi inspirasi bagi adik-adik kita dari KKN Kelompok 169 Universitas UPN Veteran Yogyakarta untuk menularkan semangat dalam memelihara dan menjaga kebersihan masjid di tempat tinggalnya masing-masing setelah selesai program KKN nya.


Jazakumullah khayran kami ucapkan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan membantu terlaksananya kegiatan bersih-bersih Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang terutama untuk rekan-rekan KKN kelompok 169 Universitas UPN Veteran Yogyakarta, Jamaah dan Takmir Masjid Al-Hidayah Dusun Pucung, rekan-rekan Tim Bersih-bersih Masjid Magelang-BBM. Semoga Allah Subhanhu Wa Ta'ala selalu menjaga kita semua dalam kebaikan dan taqwa, membalasnya dengan sebaik-baiknya balasan. Amin