Tim BBM hadir di Masjid Darussalam Dusun Carikan, Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang

Alhamdulillah, Ahad pagi ini (27/08/2017)  kembali tim BBM bisa kembali hadir dan berpartisipasi ikut bersih-bersih rumah Allah, yaitu di Masjid Darussalam di Dusun Carikan, Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Kami hadir di Masjid Darussalam ini atas amanah dari Mas Taufan Zudhityo, salah satu pengurus aktif  tim bersih-bersih masjid Magelang ( BBM). Dusun Carikan dimana Masjid Darussalam ini berada merupakan tempat tinggal mas Taufan bersama kedua orangtuanya. Bersih-bersih Masjid di Masjid Darussalam ini merupakan BBM yang istimewa bagi kami. Selain melaksankan agenda rutin BBM setiap hari Jumat dan Ahad pagi setiap pekannya, dalam kesempatan kali ini kami gunakan untuk bersilaturahmi ke keluarga Mas Didit, Didit adalah nama panggilan Mas Taufan di kampung halamannya.

Sebelum kegiatan bersih-bersih Masjid di mulai, kami sudah di jamu di rumah Mas Taufan dengan berbagai aneka cemilan khas pagi hari seperti kopi, teh anget, gorengan sambil ngobrol-ngobrol seputar kegiatan bersih-bersih Masjid dan menunggu teman- teman yang belum hadir. Begitupun juga setelah aksi bersih-bersih Masjid selesai, kami juga sudah di tunggu di rumahnya dengan hidangan makan siang yang sudah di sediakan oleh keluarganya.  Sungguh suatu jamuan yang istimewa, semoga apa yang beliau berikan untuk menjamu kehadiran tim BBM Magelang di ganti oleh Allah subhanahu wa Ta'ala dengan sebaik-baiknya balasan.

Mendapat amanah untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih Masjid di berbagai tempat yang jauh dari kota Magelang seperti di Masjid Darussalam Dusun Carikan ini adalah suatu yang menyenangkan bagi kami, selain bisa jalan- jalan mengenal berbagai tempat di Magelang, kami juga banyak mendapat pengalaman berharga dari para pengurus masjid yang kami datangi.

Salah satunya adalah cerita tentang Masjid Darussalam Dusun Carikan ini, Masjid Darussalam  awal mulanya merupakan sebuah langgar atau musholla kecil. Kemudian di bangun  menjadi Masjid sekitar tahun 1974 oleh Mbah Kyai Sukemi dan warga Carikan menjadi sebuah masjid yang mampu menampung banyak jamaah, terutama untuk shalat Jumat. Setelah berdiri Masjid Darussalam beberapa kali mengalami renovasi sampai akhirnya seperti yang bisa kita lihat sekarang ini, Masjid yang luas dan berdiri kokoh di tengah-tengah Dusun Carikan.

Masjid Darussalam ini memang unik, berbeda di banding dengan masjid- masjid lain di Desa Deyangan, Masjid Darussalam dari awal berdirinya sampai hari ini tidak menggunakan speaker pengeras suara untuk kegiatan keagamaan sehari-hari seperti saat Adzan ketika waktu shalat tiba. Jamaah masjid Darussalam masih menggunakan alat tradisional berupa Bedug dan Kentongan yang di pukul beberapa kali saat waktu shalat tiba.

Menurut Takmir Masjid Darussalam Bapak Basroil,  tidak di pakainya speaker pengeras suara sampai sekarang sebagai sarana untuk melantunkan suara adzan karena anjuran dan nasehat dari pengelola pondok pesantren Peterongan sejak awal berdirinya Masjid Darussalam. Pondok pesantren Peterongan letaknya tidak jauh dari Dusun Carikan, Pondok pesantren Peterongan ini  menjadi rujukan dalam hal kegiatan keagamaan bagi warga masyarakat Dusun Carikan dan sekitarnya. Ketika akan di beri bantuan berupa seperangkat alat pengeras suara oleh pihak pemerintah setempat, Jamaah masjid menolaknya dan tetap mempertahankan tidak memakai alat pengeras suara sebagaimana para pendahulunya dulu.

Itu tadi sedikit cerita tentang Masjid Darussalam di Dusun Carikan Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Alhamdulillah, kegiatan bersih-bersih Masjid di Masjid Darussalam ini selesai tepat waktu, sebelum waktu shalat Dhuhur tiba aksi bersih-bersih Masjid sudah selesai.

Dalam aksi bersih-bersih Masjid ini kami juga mendapat amanah dari Takmir Masjid Agung Kauman kota Magelang untuk menyalurkan Mukena dan perlengkapan sholat untuk Masjid Darussalam. Dalam, yang di terima oleh Takmir Masjid Bapak Basroil.  Dalam kesempatan tersebut Bapak Kyai Muh Manaf selaku imam masjid Darussalam atas nama  Jamaah Masjid Darussalam dan warga masyarakat Dusun Carikan merasa sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan bersih-bersih Masjid yang diadakan oleh tim BBM Magelang.

Warga dusun Carikan khususnya jamaah Masjid Darussalam sangat terbantu sekali, Beliau juga mendoakan agar tim BBM di beri Istiqomah dalam gerakan bersih- bersih masjid ini, mendapat keberkahan dalam kehidupan sehari-hari, dan mendapat pahala yang Allah janjikan di akhirat nanti.

Tak ketinggalan juga Bapak Giarto selaku sesepuh tim BBM Magelang mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Dusun Carikan dan jamaah masjid Darussalam khususnya atas kepercayaannya kepada tim BBM untuk bisa ikut membantu bersih- bersih masjid Darussalam, Bapak Giarto juga tim BBM di doakan agar gerakan bersih- bersih masjid oleh tim BBM ini bisa Istiqomah, membersamai masyarakat dalam menjaga dan merawat rumah Allah ini.

Anda ingin menjadi bagian dari tim BBM, atau ingin masjidnya di datangi oleh tim BBM?
Jangan ragu, jangan malu sikahkan hubungi kami
 📞 WA +6285868281422
 📱 WAG https://chat.whatsapp.com/AgZ74Lq0gvo76dcAhW3Fb9
 🏢 http://Twitter.com/BBMmagelang
📱https://fb.com/BBMmagelang
 📷 https://www.instagram.com/BBMmagelang
 🌐 http://www.bersihmasjidmagelang.com

Tidak ada komentar