header ads

Bersih Masjid At Taqwa SMPN 13 Magelang

Kegiatan Tim BBM Magelang di Masjid At Taqwa SMP N 13 Kota Magelang hari Jumat 8 April 2022

Masjid At Taqwa SMP N 13 Magelang awalnya mushola waktu sekolah ini digunakan untuk ST Negeri 2 Magelang dan STM Negeri Magelang dan pada tahun 1990 direhab menjadi masjid At Taqwa berlokasi di kompleks Sekolah yg berlamat di Jl. Pahlawan No. 167 Magelang. Dan setelah di ditempat SMP Negeri 13 digalang infaq dari guru, karyawan, dan siswa untuk merenovasi total masjid dan alhamdulillah pada tahun 2016 dilaksanakan renovasi menjadi 2 lantai dan tempat wudhu dan kamar mandi yg memadahi dengan biaya +/-Rp. 750 juta. Dan diresmikan oleh bapak walikota Magelang pada tgl. 19 September 2016 M bertempat dengan tgl 17 Dzulhijjah 1437 H. 

Menurut bahasa, kata taqwa berarti "memelihara" atau "menghindari", dengan kata lain pemeliharaan tersebut berkaitan erat dengan diri atau keluarga. Sederhananya, taqwa adalah melaksanakan perintah Alloh SWT dan menjauhi segala larangan Nya.
Masjid At Taqwa memiliki luas tanah 144 M2 dan luas bangunan 160 M2 dan setelah direnovasi tahun 2016, luas tanah menjadi 202 m2 dan luas bangunan menjadi 288 m2 dengan status tanah milik sekolah.
Pengurus Takmir PJ. Kepala Sekolah, Ketua Jumono, S.Pd, Sekretaris Ahmad Aqil Ali Azizi, S.Pd.I, Bendahara M. Alwan. S.pd.I, seksi kerohanian Nanang S.Pd.I & Siti Chafsan S, S.Pd.I, Seksi Humas Siti Musfiyah, S.Si, Seksi Perlengkapan Susanti, P.Pd, seksi kebersihan Muhaiminan & Slamet Raharjo. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid At Taqwa SMP N 13 Magelang antara lain : sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, sholat jumat bagi siswa & masyarakat, doa & siraman rohani jumat pagi, ekstrakulikuler baca tulis al quran, kajian islam & tadarus bagi guru & karyawan,
Sholat tarawih bagi masyarakat, laboratorium pendidikan agama islam, (praktek dan ujian pembelajaran PAI), dan lomba mapel PAI. 

Kemakmuran sebuah masjid, bergantung pada bagaimana mengelola dan mendayagunakan masjid dengan sebaik2nya, sehingga tidak hanya menjadi tempat menunaikan sholat fardhu saja tetapi juga dapat menjadi pusat peradapan, menjadi masjid yang paripurna sebagaimana di tauladankan oleh Rasulollah SAW.
Tata kelola masjid sudah harus berorentasi mengarah pada tujuan untuk kemakmuran masjid sebagai sentral aktifitas masyarakat, terutama dalam pembangunan akhlak serta kepekaan sosial umum islam dan masyarakat pada umumnya. 

Tim BBM : Hari Indrianto, Sudiono, Utomo, Bogi, Muhsin, Joko KW, Sahid, Subardi, Martono
Takmir : Muhaiminan & Slamet Raharjo