Reportase kopdar akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia hari pertama di masjid Al-Imtiyaas Bandung


Alhamdulillah, pagi ini Tim BBM Magelang sudah berada di masjid Al-Imtiyass Bandung untuk mengikuti kopdar Akbar relawan kebersihan masjid se- Indonesia. Kami berangkat dari Magelang jam tiga sore untuk kloter pertama dan jam lima sore untuk kloter kedua. Bersama kami juga bergabung Tim BBM Temanggung.

Dari Tim BBM Magelang yang berangkat ke Bandung 9 personil dan   dari Temanggung 3 personil. Setelah perjalanan panjang berjam-jam dengan guyuran air hujan akhirnya sampai juga kami di masjid Al-Imtiyaas menjelang waktu subuh.

Acara kopdar Akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia  mulai jam 09:00 di awali dengan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, di lanjut degan sambutan ketua panitia kopdar relawan kebersihan masjid se-Indonesia Mas Bejo Kahono yang sekaligus pengurus Love Masjid Yogyakarta. Menurut mas Bejo, Kopdar Akbar BBM ini bermula dari grup WhatsApp pegiat BBM kota-kota di Indonesia, agar silaturahmi di grup WhatsApp dapat berlanjut dengan kopi darat, tukar ilmu dan pengalaman maka di cetuskan acara kopdar Akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia di Bandung yang terlaksana hari ini di masjid Al-Imtiyaas.

Setelah acara sambutan ketua panitia di lanjutkan dengan sambutan dari Darut Tauhid Bandung yang juga mempunyai program bersih-bersih masjid setiap hari Jumat pagi. Hebatnya kegiatan BBM Darut tauhid ini di mulai dengan shalat tahajud di masjid yang akan di bersihkan, di lanjutkan dengan tausyiah pagi dan kegiatan bersih-bersih masjid. Tim BBM Darut Tauhid merupakan salah satu relawan kebersihan masjid di Bandung.

Setelah sambutan dari panitia penyelenggara dan Darut Tauhid di lanjut dengan tausyiah oleh ustad Dudung Abdul Ghany ketua yayasan Tasdiqul Qur'an Bandung.  Ustad Dudung Abdul Ghany mengatakan bahwa orang yang hatinya terkait dengan masjid maka dia termasuk ahli surga, salah satu orang yang terkait dengan masjid tersebut adalah para relawan kebersihan masjid. 

Hal tersebut sudah di sebutkan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam 14 abad yang lalu. Kita harus mempercayai hadist nabi tersebut, dan harus semangat dan ikhlas menjadi para pejuang dan pahlawan masjid.
Ciri orang yang beriman adalah cinta masjid, shalat berjamaah di masjid bagi laki-laki salah satunya. Cinta dengan masjid tidak begitu saja bisa lahir harus kita paksakan setiap hari yang nantinya lama-lama akan menjadi sebuah kebiasaan, apabila kita tinggalkan akan timbul penyesalan yang dalam. Apabila kita bisa berjam-jam di masjid membaca Alqur'an, iktikaf, mengikuti kajian, belajar dan mengajarkan agama. 

Semakin lama kita berada di masjid maka akan semakin cinta kita dengan masjid. Salah satu cara mengajarkan anak-anak kita menjadi pecinta masjid adalah dengan mengajak anak kita ke masjid. Anak-anak kita adalah masa depan masjid , bahkan kata Muhammad Al-Fatih apabila anak- anak sudah tidak ada yang mau ke masjid, hal tersebut merupakan tanda-tanda kemunduran agama ini.

Setelah Tausiyah dari ustad Dudung, Agenda kopdar Akbar relawan kebersihan masjid  se-Indonesia di lanjut dengan pemaparan program dari teman-teman relawan keberhasilan masjid. Kesempatan pertama tampil adalah Gemas (Gema relawan kebersihan masjid) dari Jakarta. Gemas bermula dari gerakan dakwah di medsos dan berlanjut ke bersih- bersih masjid. Gerakan bersih masjid selain membersihkan masjid juga menjadi ajang silaturahmi dengan pengurus masjid.

Setelah Gemas, berikutnya adalah FCM (Forum Cinta Masjid) Karawang, FCM Karawang berdiri September 2016. Suka duka di alami relawan FCM Karawang selama kegiatan bersih-bersih masjid seperti di tolak oleh takmir masjid, tetapi setelah melihat hasil kerja Tim FCM justru mendapat sambutan baik dari takmir masjid di Karawang yang mengusulkan masjidnya untuk di bersihkan.

BBM Tangerang, salah satu di didirikannya adalah sebagai bentuk implementasi dari slogan kota Tangerang yaitu Akhlakul Karimah, yang mana salah satunya mengajak anak muda yang tidak mempunyai kegiatan untuk bergabung dengan Tim BBM, dengan bergabung di tim BBM Tangerang mereka di didik untuk cinta masjid.

Komunitas Pecinta Masjid (KPM) kota Bandung dengan slogan ' Gaul mah ka Masjid'. Berdiri bulan Juni 2017, selain kegiatan bersih-bersih masjid, KPM juga mengadakan kajian rutin. KPM base campnya di Masjid Al-imtiyaas tempat kopdar Akbar relawan kebersihan masjid hari ini di laksanakan. Untuk membiayai operasional dakwahnya KPM tidak mencari donatur tetapi dengan berwirausaha menjual kaos dakwah yang keuntungannya untuk kegiatan dakwah KPM.
Banyak tantangan selama berdirinya KPM salah satunya di tuduh teroris, tetapi dengan menyerahkan segalanya ke Allah, maka Allah lah yang akan kasih jalan, salah satunya adalah berdirinya KPM Jakarta dan Palembang setelah KPM Bandung.

RPM (relawan peduli masjid) Bandung, salah satu relawan BBM di Bandung selain KPM. Setelah kegiatan bersih-bersih masjid, RPM juga menjalin kegiatan dengan masyarakat sekitar seperti nonton bersama film islami, selain bersih-bersih masjid KPM juga fokus dakwah ke mahasiswa di Kampus Unpad Jatinangor, Tour Fakultas dll.

RBM (relawan bebersih masjid)  Bandung. RBM selain ada di Bandung juga ada di kota Depok dan Ciamis. Selain fokus ke bersih-bersih masjid, juga melengkapi peralatan dan memakmurkan masjid.

Setelah istirahat, shalat dan makan siang acara di lanjut dengan tausyiah Ustad Tri Wardana penulis buku Restart hati dan pemerhati bersih masjid. Ustad Tri Wardana mengatakan BBM kita bukan sekedar BBM.

BBM bisa mengatasi masalah hidup anda. Seberat apapun BBM jadi solusi. Persoalan hidup salah satunya hutang. Dari Istiqomah BBM mendapat ilmu langka. Ilmu BBM punya pasangan namanya restart hati.

Titik balik kehidupan ustad Tri Wardana saat beliau sakit keras, dan harus masuk rumah sakit. Dari diagnosa dokter sakitnya akan lama. Setelah berdoa dan sungguh-sungguh minta ampunan Allah, kesehatan beliau membaik lebih cepat dari yang di prediksi oleh dokter.

Dari kejadian tersebut terbersit untuk bertaubat dengan sungguh-sungguh, belajar agama lebih dalam lagi. Dan bersih-bersih masjid adalah kebiasaan beliau setiap habis subuh. Dari situlah timbul berbagai keajaiban dari Allah yang beliau dapatkan. Salah satunya adalah ilmu restart hati.

Ilmu restart hati terdiri dari 5 pokok bahasan yaitu:
1.  Buka mata terhadap sekeliling kita
2. Basahi hati, pikiran dengan mengingat Allah
3. Berpikir positif, berbaik sangka kepada Allah
4. Memuliakan orang tua
5. Sedekah: uang, waktu dan tenaga.
Sumber magnet rezeki itu ada di masjid atau musholla. Yaitu
rezeki dalam arti luas tidak hanya uang.  Rezeki adalah semua Rahmat Allah yang di berikan kepada manusia.
Allah mungkin tidak memberi kita harta berlimpah, tetapi Allah kadang menggantinya dengan ketentraman hati, bermanfaat buat orang banyak. Saat hati kita tentram, insya Allah ada duit. 

Itulah yang di namakan dengan keberkahan.
Masjid adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan solusi apapun masalah kita, salah satunya dengan ilmu BBM. Ilmu restart hati dan ilmu BBM akan di lanjutkan esok hari oleh ustad Tri Wardana.

Sesi setelah rehat shalat ashar adalah Bapak Reza Zachariah owner Syaamil Group dengan tema 'Road To Ridha Allah dari Marbot menjadi pengusaha'.
Tips sukses sukses Reza Zachariah
1.  Membahagiakan orang tua
2. Membahagiakan pasangan hidup kita
3. Membahagiakan keluarga kita
Bapak Reza sebelum sesukses sekarang adalah Marbot masjid juga sekitar tahun 1993. Beliau pernah menjadi tukang kredit, jual sembako. Usaha percetakan Alquran Syaamil Group sekarang ini awal mulanya dari buletin Jumat.

Sebagai seorang muslim kita harus mempunyai sebuah misi, yaitu misi piritual sebagai seorang muslim kalau ingin sukses dunia akhirat yaitu:
1.Amal Soleh untuk bekal kita berjumpa dengan Allah
2.  Membebaskan umat dari kemiskinan.
Kita harus punya Izzah kalau orang yang dekat dengan masjid harus mempunyai sesuatu yang di banggakan secara ekonomi. Kita sebagai seorang muslim harus mempunyai Izzah baik secara spiritual maupun ekonomi. Jangan sampai di anggap sebelah mata dan ciri-ciri buruk seperti kalau seorang muslim itu Kumal, dekil, bodoh, miskin dan stikma negatif lainnya.

Demikian sedikit catatan kami  tentang kegiatan kopdar akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia akan di gelar besok di masjid Al-Imtiyaas Bandung, dengan pembicara ustad Tri Wardana dengan ilmu BBM nya.

3 komentar: