Aksi bersih-bersih Masjid Ma'had Ibnul Qayyim Gulon Salam kabupaten Magelang

Alhamdulillah, Ahad pagi (12 November 2017) Tim bersih-bersih masjid Magelang (BBM) masih di beri amanah oleh sahabat BBM untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih masjid Ma'had Ibnul Qayyim Gulon, Salam, Kabupaten Magelang.

Awal mulanya silaturahmi kami dengan pengelola Ma'had Ibnul Qayyim adalah lewat sosial media Facebook, beliau adalah Bapak Lukman. Bermula dari ta'aruf lewat inbox di Facebook dan berlanjut dengan amanah dari bapak Lukman untuk ikut berpartisipasi bersih-bersih masjid Ibnul Qayyim yang masih satu komplek dengan Ma'had Ibnul Qayyim yang juga sebagai tempat kegiatan belajar mengajar para santri Ma'had Ibnul Qayyim.
Seperti di masjid-masjid lain yang letaknya jauh dari kota Magelang maka jadwal kegiatan bersih-bersih masjid Ibnul Qayyim adalah hari Ahad, selain waktunya agak panjang dan tidak terbentur dengan Jumatan, kami juga masih punya waktu luang agak lama untuk bersilaturahmi dengan pengurus masjid. Seperti pengalaman- pengalaman sebelumnya dengan silaturahmi ngobrol- ngobrol dengan pengurus masjid akan banyak hal-hal baru yang menambah semangat kami untuk tetap menjaga semangat kegiatan dakwah bersih masjid ini.

Kedatangan kami ke Ma'had Ibnul Qayyim di sambut dengan ramah oleh pengurus dan santri yang sedang sibuk membersihkan karpet di halaman masjid. Senang rasanya melihat para santri peduli dengan kebersihan masjid, mau ikut berpartisipasi dalam bersih-bersih masjid. Semoga setelah lulus pendidikan di Ma'had Ibnul Qayyim mereka bisa menjadi agen perubahan di masyarakat. Di era globalisasi sekarang ini selain ilmu pengetahuan umum, ilmu agama sangatlah penting untuk membentengi diri dan lingkungan dari dampak negatif era globalisasi.

Ma'had Ibnul Qayyim memiliki santri sekitar 100 anak, terdiri dari lelaki dan perempuan. Di tambah dengan santri yang tidak menginap, mereka adalah warga sekitar Desa Gulon dan sekitarnya. Ma'had dan masjid Ibnul Qayyim berdiri tahun 1998. termasuk pondok pesantren salaf generasi awal di Magelang yang di rintis oleh Ustad Wujud.

Alhamdulillah, kegiatan bersih-bersih masjid Ma'had Ibnul Qayyim selesai sebelum waktu shalat dhuhur. Bagian-bagian masjid seperti Karpet, Kaca, Kipas angin, Tempat wudhu, Kamar mandi sudah kami bersihkan. Dalam aksi bersih-bersih masjid di masjid Ma'had Ibnul Qayyim ini kami kedatangan tim love masjid Yogyakarta, yaitu mas Didik. Selain ikut bersih-bersih masjid, beliau juga menghibahkan satu botol cairan ajaib. Dengan cairan ajaib ini kerak membandel yang tidak bisa hilang, dengan cairan ajaib ini bisa hilang dalam sekejap.

Sambil menikmati hidangan santap siang yang di sediakan pengurus Ma'had Ibnul Qayyim, kami banyak ngobrol ngalor ngidul seputar kegiatan bersih-bersih masjid, tukar pengalaman dengan mas Didik yang sudah lebih dulu eksis dengan Love Masjidnya. Banyak hal-hal baru yang bisa kami ambil hikmahnya, diantaranya bagaimana pengurus love masjid menjaga semangat timnya agar tetap istiqamah, salah satunya adalah dengan mengadakan kajian khusus relawan, bekam gratis, dan mengagendakan kegiatan bersih-bersih masjid dekat kawasan wisata, selain kegiatan bersih-bersih masjid juga sekalian refreshing.

Sehabis shalat dhuhur, kami juga sempet silaturahmi dengan Ustad Hasan Asnawi salah satu pengurus Ma'had Ibnul Qayyim. Ustad Hasan. Beliau mendoakan supaya tim BBM Magelang di beri Istiqomah dalam menjalankan tugasnya, di beri rahmat dan keberkahan dalam hidupnya. Kata beliau semua tim BBM Magelang harus semangat dalam dakwah bersih-bersih masjid ini selain di janjikan rumah di surga para bidadari surga juga sudah menunggu disana.

Begitu banyak hikmah yang kami dapatkan hari ini, dari Mas Didik yang sudah jauh-jauh menyempatkan diri membersamai kegiatan Tim BBM Magelang di Masjid Ma'had Ibnul Qayyim, Ustad Hasan Asnawi dengan doa, nasehat beliau yang menyejukkan dan membuat kami bersemangat kembali, Pengurus dan santri Ma'had Ibnul Qayyim atas jamuan dan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih masjid Ibnul Qayyim. Jazakumullahu Khairan katsiran, semoga Allah subhanahu wa ta'ala membalas dengan sebaik-baiknya balasan atas kebaikan yang kita lakukan. Aamiin
Aksi bersih-bersih Masjid Ma'had Ibnul Qayyim Gulon Salam kabupaten Magelang Aksi bersih-bersih Masjid Ma'had Ibnul Qayyim Gulon Salam kabupaten Magelang Reviewed by Bersih-Bersih Masjid Magelang -BBM on November 12, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar