Reportase Lintas Komunitas Peduli Bencana longsor di Desa Giri Tengah, Borobudur, Kabupaten Magelang

Alhamdulillah, atas berkat Rahmat dan hidayah Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Jumat lalu (16-02-2018) Kami Tim Bersih-bersih Masjid Magelang-BBM dan lintas komunitas Magelang dan sekitarnya bisa hadir di Dusun Secang, Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tim BBM dan lintas komunitas yang hadir di Dusun Secang di hari Jumat pagi tersebut mengadakan serangkaian kegiatan seperti Bersih-bersih Masjid, Bersih-bersih lokasi tanah longsor, Trauma Healing, Penyerahan bantuan seperti bahan makanan pokok dan baju layak pakai.


Diantara komunitas-komunitas yang hadir antara lain Wisata Hati, Pola Pertolongan Allah (PPA), Sebar Sapa, Share & Care, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Sahabat Syam, Manajemen Silaturahmi (MS), One Care dan Komunitas pecinta motor antik Yogyakarta.

Dalam kegiatan komunitas peduli Bencana tanah longsor di Dusun Secang, Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur Jumat pagi kemaren berbagai komunitas tersebut saling bantu membantu ikut membersihkan puing-puing bangunan dan lumpur sisa longsor. Sementara kami dari Tim BBM, mendapat amanah untuk membersihkan masjid Nurul Huda, yang lokasinya tidak jauh dari lokasi bencana longsor.

Masyarakat Dusun Secang, sangat antusias ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, sejak pagi mereka sudah berjejer di sepanjang jalan menuju lokasi bencana menunggu kedatangan para relawan. Saat para relawan memasuki lokasi, kami di sambut dengan ramah, satu persatu menyalami kami yang hadir.

Selain para Ikhwan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih lokasi bencana Longsor bagi, dalam kegiatan tersebut para akhwat yang hadir juga lumayan banyak, para akhwat ini mendapat bagian sesi Trauma Healing, mengajak Masyarakat Dusun Secang yang hadir, khusunya ibu-ibu agar tanah dengan ujian dari Allah yang sedang menimpa, karena Allah tidak akan  menimpakan ujian diluar kemampuan hambanya. Justru dengan adanya ujian  tanah longsor merupakan salah satu bukti bahwa Allah cinta hamba-nya di Dusun Secang, Desa Giri Tengah.


Sesi Trauma Healing di bawakan oleh Ibu Aryati Koordinator Masyarakat Relawan Indonesia kabupaten Magelang. Ibu Bidan Aryati, tampak menjiwai dalam sesi Trauma Healing ini, karena seperti kita ketahui bahwa ibu Aryati merupakan salah satu korban Banjir dan tanah Longsor di Grabag beberapa waktu yang lalu, dan Cobaan yang beliau terima sungguh berat, tetapi karena ketabahan dan keikhlasan beliau, akhirnya mampu melawati semua itu.

Selain mampu melewati masa-masa trauma kejadian beberapa waktu yang lalu, Ibu Aryati akhirnya menjadi penggerak berbagai macam kegiatan kerelawanan dalam berbagai musibah kemanusiaan di Magelang dan sekitarnya.
Alhamdulillah, Kegiatan peduli bencana tanah longsor di dusun Secang Desa Giri Tengah selesai sebelum waktu shalat Jumat, tampak wajah- wajah bahagia menghiasi wajah-wajah mereka walaupun kondisi lelah dan baju kotor dengan tanah lumpur di lokasi bencana.

Perjalanan ke lokasi bencana Dusun Secang tidaklah mudah, karena para relawan harus berjalan kaki lumayan jauh untuk sampai ke lokasi, karena jalannya yang licin dan menanjak. Hanya Armada BBM dan Armada yang mengangkut logistik yang di perbolehkan masuk sampai ke atas, ke Lokasi tanah longsor. Bahkan  Armada pembawa logistik bantuan sempat terhenti di tanjakan, dan berkat bantuan para relawan yang berjalan kaki, armada pembawa logistik bantuan bisa di dorong dan bisa melewati masa-masa kritis di tanjakan.


Terima kasih kepada Donatur dan  segenap relawan yang hadir dalam kegiatan peduli bencana tanah longsor kemaren, semoga keihklasan kita, pengorbanan kita akan mendapat balasan yang terbaik dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Semoga kita tetap menjaga silaturahmi dan bersinergi dalam kegiatan selanjutnya.

Tidak ada komentar