Reportase kopdar akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia hari kedua di masjid Al-Imtiyaas Bandung


Acara kopdar akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia hari kedua di masjid Al-Imtiyaas di lanjutkan dengan materi tentang keajaiban melakukan aktivitas BBM oleh ustad Tri Wardana pemerhati masalah kebersihan masjid.

Salah satu testimoni yang rutin melaksanakan bersih-bersih masjid sehabis subuh setiap hari adalah Pak Subur. Sekarang pengusaha sukses yang gulung tikar, setelah bertemu dengan ustad Tri, beliau di sarankan untuk bersih-bersih masjid setiap hari. Dan qodarullah banyak keajaiban terjadi. Seperti anaknya mudah dapat kerja, dapat beasiswa, hubungan dengan istri dan keluarga menjadi harmonis, umroh gratis dll.

I

Ilmu BBM itu dahysat, tinggal kita mau apa tidak menjalankannya kuncinya yakin, tulus dan istiqamah. Ilmu BBM yaitu membersihkan dan merapikan masjid. Ternyata anggota badan kita seneng kalau di ajak BBM kalau sudah rutin dilakukan setiap hari.

Kalau kita senang bersih-bersih masjid efeknya ke kehidupan kita, kepekaan sosial jadi lebih tinggi. Ilmu BBM bagian dari ilmu menata hati. Dengan menata hati insya Allah jalan rezeki terbuka (rezeki dalam arti luas tidak hanya uang). Insya Allah saat kita mempraktekkan ilmu BBM Allah akan memberikan ketentraman dan bersedih hati, sebagaimana yang Allah firmankan dalam Alquran.

Mudah caranya, banyak manfaatnya:
1.  Membuat hati tentram
2. Pikiran positif
3. Lebih dekat dengan Allah
4. Di mudahkan urusan kita
5. Di mudahkan pula rezeki kita

BBM itu mudah tidak ribet, bisa di mulai dengan hal- hal kecil seperti mengambil daun yang ada di halaman masjid, merapikan Al-Qur'an yang tidak rapi, merapikan mukena dan lain sebagainya. Mulai dari diri sendiri, saudara dan masyarakat sekitar kita. Kebersihan masjid adalah tanggung jawab kita bersama bukan tanggung jawab marbot.

Hebatnya kalau ilmu BBM di praktekkan dengan baik dan benar sesuai panduan, maka akan membuat anda menjadi senang shalat, senang masjid, senang Al-Qur'an. Kalau semuanya sudah terjadi sama kita akan dekat dengan Allah, selalu bersama Allah dan senang sama Allah.

Salah satu penyebab sinyal rejeki itu lemah adalah :
1.  Kurang dzikir banyak mikir
2. Berpikir negatif kepada Allah tanpa di sadari.
3. Kurang syukur

Kalau semua hal di atas sedang kita alami jangan khawatir, lakukan saja ilmu BBM.

1.  Pilih sendiri masjid atau musholla yang akan kita bersihkan. Waktunya kita tentukan sendiri, Boleh ambil dari salah satu masjid, di sarankan menyarankan meminta ijin terlebih dahulu ke takmir masjid.
2.  Luruskan niat. Sebagai ungkapan rasa syukur dan memberi kenyamanan.
3. Saat berada berangkat ke masjid niatkan BBM karena Allah
4. Jangan lupa doa masuk masjid
5. Setelah masuk masjid lakukan sunat Sunnah
6. Minta izin sama Allah
7. Ajak anggota tubuh untuk ikut BBM
8. Bilang ke alat kebersihan yang akan kita gunakan ajaklah untuk BBM
9. Saat BBM ucapkan ini lirih ini untukmu ya Allah
10. Lanjutkan dengan mengucapkan lirih tuntun aku ya Allah dan ucapakan terima kasih pada diri sendiri.
11.Kemudian berdoa sampaikan keinginan kita kepada Allah
12. Ucapkan rasa syukur kepada Allah sebelum keluar dari masjid.
13. Jangan lupa baca doa saat keluar dari masjid Allahumma innii as'aluka min Fadlil

Mulailah dari yang ringan-ringan dahulu, mengambil daun dan memasukkan ke tempat sampah.
Temukan solusi masalah kita dengan sedekah waktu, uang dan tenaga (BBM).

Setelah istirahat, istirahat dan makan siang.  Acara kopdar Akbar relawan kebersihan masjid di lanjutkan dengan perkenalan dari komunitas kebersihan masjid yang kemaren siang belum sempat memperkenalkan diri karena terbatasnya waktu yang ada.

Sesi kedua di isi oleh ustad Hamzah Fatdri Ulhaq Board Of Directors Masjid Nusantara. Kata ustad Hamzah di Indonesia ada 800 ribu bangunan masjid di Indonesia. Jumlah tersebut melebihi jumlah kantor RW maupun kantor kelurahan di Indonesia.

Jumlah yang banyak tersebut belum bisa memberikan dampak yang signifikan bagi umat karena kita belum memahami apa itu fungsi masjid di tengah-tengah umat. Dengan hadirnya relawan kebersihan masjid di harapkan umat Islam akan kembali mengetahui apa itu fungsi masjid selain buat ibadah sehari- hari.

Masjid Nusantara adalah sebuah NGO yang programnya adalah membangun dan mengembangkan masjid di Indonesia seperti membangun masjid, merenovasi masjid, toilet sehat, karpet masjid, sound masjid dan tebar mukena terutama di daerah-daerah minoritas muslim.

Masjid Nusantara akan mensupport berbagai kegiatan yang ada hubungannya dengan kemakmuran masjid seperti masjid ramah anak, masjid ramah lansia, pendidikan berbasis masjid dan yang lainnya. Dengan berkumpulnya para pegiat masjid seperti relawan kebersihan masjid ini nantinya akan ada sebuah keputusan yang mampu membawa perubahan bagi umat.

Di hari terakhir Masjid Nusantara memberikan bantuan kepada komunitas relawan kebersihan masjid yang hadir berupa vakum cleaner, yang nantinya bisa menambah peralatan untuk menunjang kegiatan bersih-bersih masjid.

Acara kopdar akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia di akhiri dengan tukar menukar cinderamata antar komunitas dan doa bersama. Demikian kegiatan selama dua hari kopdar akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia di Masjid Al-Imtiyaas Suropati Core Bandung.

Yang terpenting dari acara kopdar selama dua hari ini adalah silaturahmi antar komunitas, saling mengenal antara komunitas satu dengan lainnya, yang selama ini hanya berkomunikasi lewat media sosial saja, tausyiah dari Ustad Dudung Abdul Ghany, Ustad Tri Wardhana, Bapak Riza dari Syaamil Group, Bapak Hamzah dari Madjid Nusantara yang memotivasi kami Tim bersih-bersih masjid untuk terus istiqamah membersihkan rumah Allah. Dan dari silaturahmi di masjid Al-Imtiyaas ini akan di tindak lanjuti dengan agenda berikutnya yang insya Allah akan semakin mensolidkan komunitas relawan bersih-bersih masjid se-Indonesia.

Reportase kopdar akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia hari kedua di masjid Al-Imtiyaas Bandung Reportase kopdar akbar relawan kebersihan masjid se-Indonesia hari kedua di masjid Al-Imtiyaas Bandung Reviewed by Bersih-Bersih Masjid Magelang -BBM on November 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar