header ads

Silaturahmi Tim BBM, Wisata Hati dan Manajemen Silaturahim di rumah kediaman dokter Medi Wirawan Perum Depkes Magelang

Rabu malam (30/08/2017) Tim BBM Magelang, Wisata hati Magelang memdapat undangan silaturahmi dari komunitas Manajemen Silaturahim (MS) di rumah kediaman dokter Medi Wirawan di Perum Depkes Magelang. Dokter Medi selain aktif mengisi beberapa kajian sehat yang diadakan Wisata hati Magelang, beliau juga Ketua Dewan Pengawas Komunitas Manajemen Silaturahim (MS)

Suatu kehormatan tersendiri bagi kami tim bersih-bersih​ Masjid Magelang (BBM) mendapat undangan silaturahmi dari teman- teman Manajemen Silaturahim. Manajemen Silaturahim dan Wisata Hati Magelang lebih dahulu hadir mewarnai dunia dakwah di Magelang. Alhamdulillah, dalam pertemuan di rumah dokter Medi Wirawan ini kami banyak belajar tentang seluk beluk dakwah di Magelang dari teman- teman Manajemen Silaturahim dan Wisata Hati Magelang.

Acara di mulai jam 19:30 Ba'da Isyak, dalam sambutannya Dokter Medi selalu ketua Dewan Pengawas Manajemen Silaturahim sangat salut dengan beberapa komunitas dakwah yang ada di Magelang, salah satunya adalah komunitas Manajemen Silaturahim, Wisata Hati dan tim bersih-bersih Masjid Magelang (BBM). Alangkah baiknya kalau komunitas- komunitas tersebut bisa bersinergi dalam melayani umat, tentunya dakwah akan semakin luas di masyarakat. Dengan adanya pertemuan ini di harapan akan terjalin komunikasi yang bagus antar komunitas dakwah ini, Karena sesuatu yang di lakukan secara berjamaah hasilnya akan lebih maksimal di banding di lakukan sendiri- sendiri.

Setelah sambutan dari tuan rumah, acara di lanjutkan dengan perkenalan dari pihak Manajemen Silaturahim, Wisata Hati dan kami tim BBM Magelang. Bapak Adjie selaku ketua Manajemen silaturahim menjelaskan awal mula terbentuknya MS, awal mulanya MS terbentuk dari masing-masing anggota yang suka ngaji, jemput ustad, dari situlah Manajemen Silaturahim di mulai dari hanya beberapa orang saja hingga kini sudah menjadi yayasan berbadan hukum yang mengelola sebuah pondok pesantren di daerah Kajoran Kabupaten Magelang, selain juga kegiatan dakwah rutin tiap pekannya seperti Kajian dari Sabtu sampai Ahad dari masjid ke masjid, bazar, cek kesehatan gratis, weekend ke Masjid, santunan ke yatim piatu dan masyarakat kurang mampu, tebar hewan kurban dll.

Mas Arif Rachman selaku Ketua Wisata Hati Magelang berbagi pengalamannya membangun Wisata Hati dari awalnya hanya beberapa Jamaah saja, kini dalam setiap kegiatan rutin bulanan seperti Riyadhoh di ikuti oleh ratusan jamaah, selain kajian rutin setiap pekannya yaitu Kajian Senin dan Kamis ba'da Asyar sampai maghrib di Masjid Baitussalam Karet dengan pengajar Ustad Zaki Abu  Kayyisa, Pengajar di Islamic Center Kalemah Dubai, Uni emirat Arab. Dalam kajian rutin Senin dan Kamis sore itu juga diadakan buka bersama anak yatim piatu.

Tidak hanya itu saja Wisata Hati Magelang juga banyak membantu​ pasien kurang mampu yang pengobatannya tidak di cover oleh Jamsostek, Baksos ke wilayah-wilayah mimoritas muslim di Magelang seperti di Dusun Kenalan, Pakis. Sedekah Jum'at berjamaah dengan membagikan makanan gratis setiap Jum'at. Dan masih banyak kegiatan lain yang donaturnya adalah jamaah Wisata hati Magelang sendiri.

Sementara kami dari tim BBM Magelang yang di wakili okeh Ustad Hari selaku ketua tim BBM Magelang banyak bercerita tentang awal mulanya BBM Magelang terbentuk. Awal mulanya tim BBM Magelang adalah alumni 212 saat gejolak penistaan agama di Jakarta. Setelah itu di bentuklah BBM selain sebagai silaturahmi antar alumni dan aksi nyata setelah 212, yaitu aksi bersih-bersih Masjid yang diadakan setiap Jum'at dan Ahad pagi setiap pekannya.

Tim BBM Magelang juga awalnya hanya beberapa orang saja, hingga sekarang Alhamdulillah atas kehendak Allah subhanahu wa Ta'ala telah banyak yang bergabung dengan kami, dari yang semula hanya sapu dan pel sekarang tim BBM sudah mempunyai Vakum, Genset, Tangga dll yang kesemuanya donasi dari sahabat BBM dalam membersamai gerakan aksi bersih-bersih Masjid di Magelang.

Dalam silaturahmi antara tim BBM Magelang, Wisata Hati Magelang dan Manajemen Silaturahim (MS) di kediaman dokter Medi Wirawan di Perum Depkes Magelang tersebut di sepakati akan di jalin suatu sinergi dalam beberapa kegiatan dakwah yang akan kami lakukan setiap bulannya. Insya Allah, Dalam waktu dekat kami akan bersinergi dalam kegiatan bersih-bersih Masjid di Masjid Nurul hidayatullah Ketep, Sawangan kabupaten Magelang yang akan kami laksanakan tanggal 24 September 2017. Nantinya kami Tim BBM fokus dengan kegiatan bersih-bersih masjidnya sementara dari pihak Manajemen Silaturahim mengadakan Bazar, Lomba lukis anak, Cek kesehatan gratis, santunan ke Yatim piatu dan masyarakat kurang mampu.